Bismillah.
Assalamuallaikum bunda shaliha. Hari ini mau coba share ilmu yang uda aku
pelajari yah. Karena disini kita- eh salah, (aku maksudnya), juga sedang belajar.
So, mohon koreksinya ya- jika ada yang salah- terutama buat bunda bunda yang uda
banyak makan garam, cabe, merica, ketumbar, gula, hihi. Pokoknya semua deh-
yang penting uda pernah ngerasain nano nano kehidupan.
Heem, saya
sekarang sedang merancang kurikulum untuk anak saya nih. Soalnya tertarik
banget buat home schooling. Belum belajar banyak sih- baru seuprit upil. Hihi.
Terus, pengennya capaiannya apa? Kalau aku sih uda punya tagline buat si shayma
. Hasil pemikiran kelas lo. Hihi. Apa itu? Taraaa Shayma cheerful, brialliant,
shaliha. Kenapa milih itu? Aku ceritain lain waktu ya. Yang terpenting, output
anak hasil olah tangan bundanya sendiri, yeeeaayyy. Hemmm, apa ndak sedaap
tuuh. Iyees, meskipun sedikit terlambat karena si shayma akan menginjak usia
1,5 tahun (kurang 26 hari lagi) tapi it’s okeelah. Lebih baik terlambat,
daripada ga sama sekali. Iyakan bunsho?- bukan pembenaran. hihi
Kenapa buat kek
gini? Karena kasian si shayma kalo diangkrakin gitu aja (emang mainan.hi hi),
maksudnya didiemin gitu. Padahal tu anak potensinya Masha Allah. Dan aku yakin
semua anak juga gitu. Ya iyaalah, secara yang ngasih Allah. Gimana ga keren
tuh. Heu heu. Apalagi sekarang aku liat si shayma lagi momen ledakan kata-keta.
Beiih, bundanya harus muter otak kalau ditanya ini itu. Perlu banyak belajar
lagi. Bener kata temen, belajar jadi bunda lebih susah dari Cuma sekedar dapet
ip kumlot. Piss
Daaann, sengaja
aku aplut di blog, biar komitmen nih ngisinya. Kali kalo uda setahun nulis,
penuh tuh tabel (Liatnya dibawah ya bunsho). Terus bisa jadi acuan juga buat
bunda bunda yang lain. Ingat bunsho, anak itu asset yang tak ternilai harganya.
Mau disamaain sama apa hayo? Halah, kalau disebutin disini mah buang buang
waktu. Mending aku nulis yang lain. Hemmm, karena ini aku nulisnya tengah malem
gitu (kebetulan dibangunin sama abinya shayma karena ehm ehm), jadi ga banyak
deh cuap cuapnya. Ngantuk sama lelah jadi satu. Belum lagi besok masih ada
sebarek urusan rumah yang belum kelar. Headeew. Eh, stop mengeluh. Pokoknya
tetep dinikmati ya bunsho. Ikhlas, pasti nikmat.
Sebelum aku
selesain nih cuap cuap gak mutu. Intinya aku pengen nulis kenapa aku buat
ginian. InshaAllah aku ingin memaksimalkan potensi yang ada pada anakku. Sayang
kan kalo anak dibesarin dengan metode “let it flow”. Daaan, aku pengen buat aja
sendiri sesuai sama kemampuan anakku. Soalnya hunting beberapa buku ternyata ga
cocok. So, ga masalah kok bunsho- yang lebih tahu tentang kondisi anak kita ya
kita sendiri. Daaan aku prefer buat sendiri. Yang penting jelas indikator pembelajarannya
dan capaian hasilnya.
Okee, gimana
cara ngisinya? InshaAllah aku share dilain waktu ya bunsho (buat para bunsho
yang ingin buat kurikulum home schooling dengan metode ala keluarganya
sendiri). Daaan, bunsho yang ga mau ribet- bole deh kopi kopi dimari . Eitts,
tapi ngikut ya. Soalnya ini aku sesuain sama tumbuh kembangnya si shayma. Kalau
satu indikator aja si shayma belum tercapai aliat mbuleeettt aja, ya bakal aku
ripit berulang ulang. Hihi. Inget, yang terpenting komitmen ya bunsho. Disiplin
WAJIB. Okeee. Selamat rehat.
Goal Pembeajaran :
1.
Pendidikan Aqidah
2.
Pendidikan Ibadah
3.
Pendidikan Akhlaq
Kemampuan Pembelajaran
1.
Kecerdasan Linguistik : berbicara, mendengarkan,
membaca, menulis, berdiskusi, bercerita
2.
Kecerdasan logika matematika : menghitung,
membedakan bentuk, menganalisis data, bermain dengan benda-benda
3.
Kecerdasabn visual spasial : kemampuan ruang dengan bermain balok dan
bentuk geometri, melengkapi puzzle, menggambar, melukis, menonton film, bermain
dengan daya khayal/ imajinasi
4.
Kecerdasan musical : irama, nada, berbagai
bunyi, tepuk tangan
5.
Kecerdasan kinestik : gerakan yang teratur
(tarian, olahraga, gerakan tubuh)
6.
Kecerdasan naturalis : mencintai keindahan dan
alam melalui pengamatan lingkungan, bercocok tanam, memelihara binatang,
mengamati fenomena alam
7.
Kecerdasan antar personal : melakukan hubungan
antar manusia melalui bermain bersama teman, bekerjasama, bermain peran, memcahkan
masalah, menyelesaikan konflik
8.
Kecerdasan interpersonal : memahami diri sendiri
melalui pengembangan konsep percaya diri, termasuk kontrol diri dan disiplin
9.
Kecerdasan spiritual : mengenal dan mencintai
ciptaan Allah.
RANCANGAN HOME SCHOOLING SHAYMA QANAN
MIZANI
Tanggal Pembelajaran
|
Goal Pembelajaran
|
Kompetensi Pembelajaran
|
Metode Pembelajaran
|
Capaian Pembelajaran
|
Evaluasi Pembelaj |
31 Maret 2017
|
Aqidah | Memahami pentingnya syahadat dalam kehidupan muslim | Mengajarkan tentang siapa tuhan dan rasulnya serta apa agamanyam Membaca syahadat sebelum nenen
|
Anak bs bersyahadat dan menjawab 3 pertanyaan siapa tuhan dan rasulnya serta apa agamanya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar