Teknik Penulisan Laporan
OJT/ Magang DIII Perpajakan Vokasi UB
- Kertas
menggunakan kertas HVS 70 gram ukuran A4 (21 x 29,7 cm) warna putih.
- Margin,
bagian atas dan kiri 4 cm, sedangkan bagian kanan dan bawah 3 cm.
- Ketikan,
satu setengah spasi.
- Penggandaan,
dapat menggunakan fotocopy/ print out komputer.
- Warna sampul
laporan akhir adalah kuning.
Alur OJT/ Magang DIII
Perpajakan Vokasi UB
- Mahasiswa
memilih tempat OJT sesuai dengan bidang keahlian (KPP dan Non KPP).
- Mahasiswa memilih dosen pembimbing sesuai dengan penguasaan bidang keilmuan masing-masing.
- Mahasiswa
mengisi form pendaftaran OJT yang diketahui oleh KBK Perpajakan a/n Otto
Budihardjo dan menyerahkan form pada bagian akademik vokasi UB. Fotocopy
form diserahkan kepada sek. KBK a/n Eka.
- Mahasiswa
akan diberikan surat pengantar dari vokasi untuk diberikan kepada lembaga
OJT mahasiswa yang bersangkutan.
- Mahasiswa
menyerahkan surat dan menunggu balasan dari lembaga/ instansi yang
bersangkutan.
- Mahasiswa
menyerahkan surat balasan kepada bagian akademik.
- Apabila
diterima, mahasiswa membuat proposal OJT. 1 kelompok menyerahkan 1
proposal. Format penulisan proposal terlampir.
- Proposal
diserahkan kepada sekertaris KBK Perpajakan a/n Eka.
- Setelah
menyerahkan proposal, mahasiswa akan diberikan surat pengantar dari
vokasi.
- Proposal,
surat pengantar dan daftar peserta diserahkan kepada instansi oleh
mahasiswa yang bersangkutan.
- Mahasiswa
meminta buku OJT kepada bagian akademik yang diisi pada saat OJT
berlangsung.
- Mahasiswa
memulai OJT sesuai dengan waktu yang ditentukan. (OJT Instansi pemerintah
(KPP) pada tanggal 27 Januari-28 Februari 2014, OJT Mandiri pada tanggal 5
Maret-5 Mei 2014).
- Mahasiswa
melakukan OJT/ Magang.
- Mahasiswa
membuat laporan akhir yang diserahkan kepada sekertaris KBK Perpajakan a/n
Eka.
- Mahasiswa
mendaftar dan melakukan ujian OJT.
Format Penulisan Proposal OJT
Proposal OJT pada dasarnya memuat rencana detail pelaksanaan OJT paling sedikit memuat hal-hal berikut.
- Lokasi
OJT/ Magang
- Latar
belakang; memuat alasan teoritis (termasuk penyertaan tinjauan pustaka
terkait) dan praktis perlunya OJT/ magang, serta alasan pemilihan lokasi/
magang
- Tujuan
dan manfaat OJT/ magang
- Waktu
dan jadwal OJT/ magang
- Daftar
peserta
- Proposal
dimasukkan dalam map plastik warna putih (transparan)
Format Penulisan Laporan Akhir OJT
1. PENDAHULUAN; yang terdiri dari :
- Latar
Belakang, berisi uraian tentang alasan-alasan yang mendasari mahasiswa/
kelompok yang bersangkutan melaksanaan kegiatan OJT/ magang di lokasi
tersebut. Alasan dikemukakan di latar belakang ini menyangkut
: memuat alasan teoritis (dengan menguraikan tinjauan pustaka
terkait) dan alasan praktis (tematik dari pelaksanaan OJT/ magang tersebut
ditinjau dari aspek praktis, memang merupakan masalah yang membutuhkan
dilaksanakan program OJT/ Magang di lokasi yang bersangkutan berdasarkan
estimasi situasi dan kondisi OJT
- Tujuan
kegiatan OJT/ Magang. Berisi pernyataan deklaratif, secara ringkas dan
jelas tentang apa yang akan dilaksanakan untuk merealisir rencana kerja
yang telah ditetapkan. Dengan menggunakan kata kerja operasional (dapat
diukur hasilnya baik secara kualitatif maupun kuantittif)
- Manfaat
kegiatan OJT/ Magang. Berisi pertnyaan tentang kemungkinan-kemungkinan
yang dapat dirasakan/ dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan,
sehubungan dengan OJT/ Magang
2. GAMBARAN UMUM LOKASI; Berisi gambaran umum lokasi/ tempat OJT. Banyaknya sub-sub disesuaikan dengan banyaknya kelompok informasi yang penting dan relevan.
3. RENCANA KERJA; Rencana kerja berisi program dan kegiatan yang akan dilaksanakan langsung oleh peserta OJT maupun yang telah ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat.
Program berisi satu atau lebih kegiatan yang dilaksanakan peserta OJT untuk mecapai tujuan.
Kegiatan adalah bagian dari program yang terdiri dari sekumpulan tindakan pengerahan sumberdaya, baik berupa personil (SDM), material, dana atau kombinasi dari beberapa atau semua jenis sumber daya tersebut sebagai masukan (input) untuk menghasilkan keluaran(output) dalam bentuk barang/ jasa.
4. PELAKSANAAN PROGRAM ;
Berisi gambaran realisasi rencana kerja.
Banyaknya sub bahasan sesuai dengan banyaknya program yang langsung
dilakasanakan oleh mahasiswa peserta OJT maupun yang ditempuh dengan mendorong
partisipasi masyarakat. Informasi yang ditampilkan meliputi nama program, nama
kegiatan, masalah yang dipecahkan, lokasi kegiatan, waktu pelaksanaan,
pelaksana kegiatan, besar dan sumberdaya.
5. PENUTUP; Berisi kesimpulan dan saran.
5. PENUTUP; Berisi kesimpulan dan saran.
1.
Kesimpulan.
Berisi temuan pokok, baik bersifat substansial meupun metode teknik serta makna
dari temuan sebagai jawaban tujuan kegiatan OJT.
2.
Saran. Saran
merupakan implementsi dri penemuan-penemuan yang membutuhkan perbaikan di masa
mendatang.
mau contoh laporanya dong kak
BalasHapus